• Awt dan Swing, apaan si?


    Java merupakan penyederhanaan dari program C++. Sun Microsystem sebagai pendiri Java mendeskripsikan bahwa Java adalah bahasa pemrograman yang sederhana, berorientasi objek, bertipe statik, terkompilasi,multi-threaded, garbage collected, bebas arsitektur, tangguh, aman dan dapat diperluas. Deskripsi Sun tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

    Sederhana
    Pengembang java banyak membuang fitur-fitur yang tidak diperlukan seperti yang dimiliki oleh bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya.

    Berorientasi Objek
    Seperti halnya C++, java menggunakan kelas-kelas untuk mengelola kode ke dalam modul-modul logika.

    Bertipe Statik
    Semua objek yang digunakan dalam bahas program harus dideklarasikan sebelum digunakan.

    Terkompilasi
    Bahasa pemrograman java tidak dapat dijalankan sebelum dikompilasi oleh kompilator java.

    Muti-Threaded
    Program java dapat berisi eksekusi multiple threads yang memungkinkan program mengulas citra di layar pada satu thread dan menerima masukan dari keyboard pada thread utama.

    Garbage collected
    Java dapat menyingkirkan sendiri objek-objek yang tidak berguna.
    Bebas Arsitektur
    Java tidak dirancang untuk prosessor ataupun sistem operasi tertentu, artinya program ini dapat bekerja pada berbagai arsitektur.

    Tangguh (Robust)
    Bila terjadi kesalahan serius, java membuat pengecualian (Exception) yang dapat menangani dan mengelola program tanpa berisiko memacetkan sistem.

    Aman
    Java menjamin bahwa tidak ada virus yang membonceng pada applet yang sedang berjalan

    Dapat diperluas
    Program Java mendukung metode native, yaitu fungsi-fungsi yang ditulis dalam bahasa lain, biasanya C++.


    Program Java mempunyai sukumpulan class-class dan fungsi variatif yang dipergunakan untuk pengembangan software berbasis Graphical User Interface (GUI) yang disebut dengan Java Foundation Class (JFC). Diantara class-class dalam JFC, terdapat 2 paket yang digunakan dan biasa dipakai untuk program antarmuka pengguna grafis (GUI), yakni SWING dan AWT.

    AWT (Abstract Window Toolkit) adalah sekumpulan dari aplikasi program antarmuka atau Application Program Interfaces(API) yang digunakan oleh para pemrograman java untuk membuat objek Graphical user interface (GUI) seperti Button, Scroll bars, dan Window. Setiap objek GUI tersebut (button, scroll bars, dll) memiliki sifat yang berbeda di setiap platform seperti windows, linux, macintosh, dsb. Hal ini akan bagus untuk program yang simpel dan akan menemui kesulitasn untuk program yang kompleks.

    SWING merupakan aplikasi program antarmuka seperti halnya AWT, namun memiliki tampilan lebih kaya dan bagus dari AWT. Swing tidak berdasarkan platform, akan tetapi menggunakan metode Painted yaitu objek GUI digambar dalam frame kosong sehingga akan berperilaku sama pada setiap platform.

    Swing tidak berdiri sendiri, akan tetapi menggunakan mekanisme dasar dari AWT, sehingga antara Swing dan Awt selalu berdampingan.

    0 komentar → Awt dan Swing, apaan si?

    Posting Komentar