• Storyboard apaan sih?


    Pernah denger storyboard ga? Pasti pernah, tapi tau ga artinya? Hmm.......

    Hari ini ane coba googling tentang apa itu storyboard, ternyata banyak banget para sobat bloger yang sudah share tentang ini, apalagi wikipedia sampai tersedia dalam 27 bahasa. Tapi sayangnya artkel bahasa indonesianya ko minim dan mengenaskan.



    Ayoo dong pren, tambahin tuh artikel biar lebih lengkap, kan bisa jadi referensi buat generasi-generasi berikutnya yang lagi belajar dan pengen tahu tentang storyboard. Dah ah, to the point aja...


    Pengetian Storyboard

    Storyboard adalah gambar dan penjelasan secara rinci dari tiap gambar dan juga text. Pendapat lain tentang storyboard adalah rancangan berupa sket atau gambar dan petunjuk berupa catatan pengambilan gambar sebelum kita membuat film, animasi, gerak grafis, dan media interaktif.  

    Storyboard merupakan langkah yang harus dibuat setelah mendefinisikan elemen-elemen ke dalam objek-objek. Tampilan dalam storyboard dilakukan secara berurutan dan diberi penjelasan yang spesifik tentang apa yang ditampilkan pada layer.  Storyboard ampir sama seperti flowcart (alur  Storyboard tidak bisa dipisahkan dengan struktur navigasi. Rancangan storyboard harus selalu disesuaikan dengan struktur navigasi yang tela dibuat, sehingga design storyboard menjadi terarah.

    Sejarah Storyboard

    Storyboard yang kita kenal saat ini, petama kali dikembangkan oleh Walt Disney Studio sejak tahun 1930-an. Menurut Diane Disnel Miller, storyboard pertama kali diciptakan tahun 1933 yang merupakan evolusi dari buku komik Walt Disney yang berjudul "Story Sketches" pada tahun 1920. Storyboard menjadi populer semenjak tahun 1940-an ketika memproduksi film "live-action" dan berkembang menjadi media standar untuk previsualisasi film.


    Penggunaan Storyboard

    Karena storyboard merupakan alur proses (flowcart) dari sebuat cerita, maka storyboard sangat banyak digunakan pada kegiatan-kegiatan seperti di bawah ini:
    1. Film
    Pada dasarnya, sebua film adalah komik besar dari film atau sebagian film yang diproduksi terlebih dahulu untuk membantu sutradara, sineas dan iklan komersial dalam memvisualisasikan adegan dan menemukan masalah potensial sebelum terjadi.

    2. Teater
    Praktisi teater Rusia, Constantin Stanislavski mengembangkan storyboard untuk merencanakan produksi adegan-adegan teater secara terperinci.


    3. Animasi
    Pada animasi, storyboard digunakan untuk mendapatkan ide yang lebih baik dalam pengaturan waktu dan gerakan.


    4. Foto-Animasi (Photomatic)
    Foto-Animasi (photomatic) adalah serangkaian foto yang masih diedit bersama dan disajikan dalam layar secara berurutan.
    5. Buku komik
    Beberapa penulis, telah menggunakan gambar  storyboard untuk scripting buku komik mereka. yaitu dengan menempatkan tokoh, latar belakang gambar dan balon teks.

    6. Bisnis
    Storyboard saat ini banyak digunakan oleh industri untuk perencanaan promosi iklan dan presentasi bisnis agar lebih memudahkan audience dalam memahami maksud dari iklan atau presentasi tersebut.

    7.Media interaktif
    Storyboard digunakan pada pengembangan web, pengembangan software dan desain intstruksi untuk menjelaskan secara detail disertai dengan audio.

    8. Software
    Storyboard digunakan dalam pengembangan perangkat lunak sebagai bagian dari mengidentifikasi spesifikasi untuk perangkat lunak tertentu dan membuat petunjuk penggunaan.


    Nah, itu tadi pengertian storyboard dan pengaplikasian dalam aspek kehidupan manusia. Kalo mau yang lebih jelas lagi, sobat blogger bisa googling atau ubek-ubek tuh wikipedia.


    0 komentar → Storyboard apaan sih?

    Posting Komentar