• 20 Profesi IT yang mesti anda tahu

    Semakin majunya perkembangan teknologi tidak lepas dari tangan-tangan kreatif para aktifis dalam dunia teknologi informasi. Mungkin kita sering mendengar kata IT dikaitkan dengan orang yang kerjaannya ngotak-ngatik komputer entah itu hardware maupun software. Tahukah kamu bahwa banyak sekali nama-nama profesi di bidang teknologi informasi yang mungkin kita pernah mendengar tapi belum tahu apa sih sebenarnya tugas dari masing-maisng profesi tersebut.

    Berikut ini akan saya bahas 20 profesi IT beserta tugasnya masing-masing dan biasanya posisi-posisi ini banyak terdapat di perusahaan pada umumnya. Please cekidot..
    1. Applications Engineer
    Application Engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan disain / rancangan dan implementasi dari produk IT seperti alat-alat industri dan program komputer.


    2. Chief Technology Officer
    Chief TEchnology Officer atau yang disebut juga Chief Technical Officer (CTO) adalah seseorang yang berada pada posisi level Eksekutif di sebuah perusahaan  yang memiliki tanggung jawab untuk fokus pada pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk organisasi perusahaan tersebut.

    3. Chief Information Officer
    CIO hampir sama seperti CTO, namun posisi ini lebih berfokus kepada masalah-masalah yang ada pada organisasi / perusahaan yang berkaitan dengan penerapan teknologi khususnya bidang Teknologi Informasi.

    4. Computer and Information Systems Manager
    Sering juga disebut sebagai Information Technology Manager (IT Manager) adalah orang yang bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan implementasi langsung atas aktifitas teknologi informasi dalam sebuah organisasi / perusahaan. Orang ini membantu mewujudkan tujuan teknologi informasi sebuah perusahaan dan bertanggung jawab atas implementasian sistem komputer demi mencapai tujuan tersebut.

    5. Database Administrator
    Database Administrator adalah orang yang betanggung jawab pada instalasi, konfigurasi, upgrade, administrasi, pengawasan atau monitoring dan maintain database dalam sebuah organisasi / perusahaan.

    6. Help Desk Technician
    Help Desk Technician adalah tenaga ahli komputer yang tugas utamanya adalah merespon / membantu permintaan dari pengguna komputer dalam sebuah organisasi.

    7. Network Architect
    Network Architect adalah orang yang bertanggung jawab atas perancangan blueprint (cetak biru) dari jaringan komputer atau telekomunikasi di sebuah perusahaan mulai dari tata letak jaringan pada gedung, jenis kabel yang digunakan, hardware yang diperlukan dan sampai pada segmentasi pengguna komputer.

    8. Network Engineer
    Network Engineer adalah orang yang bertanggung jawab atas setup jaringan komputer, koneksi internet di kantor dan sistem komputer yang terkait yang dibutuhkan perusahaan. Network engineer juga melakukan perawatan rutin untuk memastikan segalanya berjalan dengan lancar dan dapat dihubungi jika terjadi problem.

    9. Network System Administrator
    Network System Administrator adalah orang yang bertanggung jawab atas operasional harian dari jaringan komputer dalam sebuah organisasi. Mereka bertugas mengorganisir, instalasi dan mendukung / support sistem komputer termasuk LAN, WAN, segmentasi jaringan, intranet dan sistem komunikasi data lainnya.

    10. Programmer
    Programmer bertugas mennulis code untuk membuat program perangkat lunak.  Mereka juga mengubah desain program yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak (software) dan engineer menjadi petunjuk yang dapat diikuti oleh sistem komputer .

    11. Programmer Analyst
    Programmer Analyst bertanggung jawab untuk menciptakan, meninjau, menulis kode bahasa dan menguji sebuah program komputer baru atau diperbaharui dari awal sampa akhir. Selain itu, Programmer Analyst juga harus memberikan pelatian kepada karyawan dalam menggunakan program.

    12. Security Specialist
    Security Specialist atau yang juga dikenal dengan sebutan Information Technology Security Specialist bertanggung jawab atas keamanan sistem komputer secara keseluruhan dalam jaringan, menciptakan, menerapkan, dan mengelola rencana keamanan secara menyeluruh. Orang ini juga melakukan berbagai macam tes untuk menemukan kerentanan dan ancaman yang mungkin akan timbul dalam sistem keamanan jaringan komputer. Dia juga bertanggung jawab atas rencan pemulihan apabila jaringan komputer terkenda serangan keamanan.

    13. System Analyst
    Sistem Analis bertugas mempelajari sistem & prosedur organisasi komputer yang sedang berjalan dan membuat rekomendasi kepada manajemen untuk membantu organisasi beroperasi secara lebih efisien dan efektif. Mereka membawa teknologi bisnis dan informasi (IT) bersama-sama dengan memahami kebutuhan dan keterbatasan dari keduanya.

    14. System Architect
    Seorang System Architect menyediakan perancangan sistem tingkat atas dalam bidang rekayasa sistem. Dengan membuat kerangka yang solid, System Architect memastikan bahwa sistem akan dapat tumbuh, berkembang dan bertahan. System Architect tidak hanya merencanakan, tapi juga melaksanakan penciptaan sistem dan upgrade, dan bertugas mendelegasikan tanggung jawab kepada pihak yang tepat.

    15. System Designer
    System Designer bertugas untuk merancang, mengembangkan, menghitung, dan menerapkan sistem yang kompleks dan bekerja sama secara keseluruhan untuk menyelesaikan tugas. Ini mencakup unsur-unsur listrik dan mekanik peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, serta sistem rumit yang terkandung dalam mobil dan pesawat terbang.

    16. Technical Specialist
    Technical Specialist bertugas untuk melakukan perbaikan, monitor dan membantu mengimplementasikan sistem komputer jaringan baru untuk badan usaha. Technical Specialist juga harus menjaga jaringan berjalan dengan baik, dan meningkatkan secara berkala, untuk menjaga produktivitas dan akses komputer untuk karyawan. Tugas utama dari seorang Technical Specialist adalah menjaga jaringan perusahaan termasuk sistem database.

    17. Telecommunications Specialist
    Telecommunications Specialist adalah seorang profesional terlatih yang mengkhususkan diri dalam instalasi, pemeliharaan, dan desain berbagai sistem komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima informasi. Pada awal industri telekomunikasi, fokus utama jabatan ini adalah pada sistem telepon. Namun, dengan majunya teknologi, peran Telecommunications Specialist telah diperluas untuk mencakup servis video, seluler dan sistem komunikasi digital.

    18. Web Administrator
    Web Administrator atau yang juga dikenal dengan sebutan webmaster betugas memelihara situs/ web dan menyediakan dukungan teknis untuk pengguna situs tersebut, termasuk dengan program web yang digunakan, pengaturan file teks, multimedia, dan menjaga agar arus informasi terlihat menarik.

    19. Web Developer
    Web Developer adalah orang yang betugas menciptakan program / aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman mulai dari database hingga elemen-elemen lain yang dibutuhkan oleh website.

    20. Web Desainer
    Web Desainer adalah orang yang bertugas pada sisi grafis dari suatu website, mengintegrasikan komponen-komponen pembentuk website seperti gambar, flash file dan juga multimedia untuk membuat tampilan halaman web telihat indah dan bagus.

    Demikian profesi yang ada pada bidang teknologi informasi. Sebenarnya masih banyak lagi, berhubung waktunya mepet (mumpung ngga ada bos) dan juga sesuai permintaan bu dosen segitu, ya saya cukupkan saja, laen kali kalo ada waktu disambung lagi.  (bgipul)


    thanks to about.com, bls.gov, wikipedia.org, wiseGeek.com, RumahWeb.com

    0 komentar → 20 Profesi IT yang mesti anda tahu

    Posting Komentar